Tinggal Landas, Visi Baznas Enrekang ‘Menjadi Kabupaten Muzakki’ Segera Terwujud, Ini Indikator Kuncinya

Enrekang, inspirasimu.net — Periode Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Enrekang Periode 2016 – 2021 tinggal menghitung hari. Pasalnya saat ini tengah berlangsung proses seleksi calon Pimpinan Baznas Kabupaten Enrekang untuk periode berikutnya (2021 – 2026).

Selama satu periode menjalankan tugas, beberapa prestasi Baznas Enrekang yang patut diapresiasi. Salah satunya adalah Baznas Enrekang telah berhasil menghimpun dana zakat infaq dan shadaqah (ZIS) yang cukup fantastis untuk periode 2016 – 2020.

“Angka penerimaan zakat dan infaq terus mengalami peningkatan, rata-rata naik 20% atau 1 Milyar per tahun sesuai target yang tercantum dalam Renstra Baznas Enrekang. Sehingga pada periode 2016 – 2020, penerimaan zakat, infaq dan shadaqah telah mencapai 9,1 Milyar,” ucap Baharuddin, SE,MM selaku Wakil Ketua Bidang Pengumpulan, Selasa, 23/2/2021.

Indikator kuncinya adalah adanya instrumen kampanye ZIS dan pola pendekatan terhadap para muzakki, baik ASN maupun Non ASN, lanjutnya.

Ini juga tidak lepas dari kerja sama Bapak Bupati dan seluruh tingkatan pemerintah daerah dalam mengedukasi masyarakat Islam di seluruh wilayah Kabupaten Enrekang untuk menunaikan kewajiban zakat.

Bahar membeberkan, sebagai perbandingan penerimaan Zakat dari PNS dengan non PNS 60 persen banding 40 persen, itu artinya strategi pengumpulan cukup baik dan berjalan efektif sesuai indikator-indikator sosialisasi dan kampanye ZIS dan sana sosial keagamaan lainnya.

Karena itu kedepan perlu keberlanjutan program rencana dan strategi 5 tahun.  Tetap saja indikator kunci dan  utama kesuksesan Baznas Enrekang adalah kemampuan menerjemahkan dan menjabarkan keinginan dan visi misi Bapak Bupati Enrekang dan Wakil Bupati, H. Muslimin Bando – Asman, yaitu Enrekang, Maju, Aman, Sejahtera, Religius Berkelanjutan, tambah Bahar.

Tahun 2021 bisa dikatakan menjadi titik klimaks bagi pencapaian Baznas Enrekang, dengan instrumen Peraturan Bupati No. 8 Tahun 2016 yang mewajibkan seluruh ASN wajib membayar zakat secara payrol system di Bank BPD Sulselbar Cabang Enrekang, Baznas Enrekang telah mengumpulkan dana ZIS hampir mencapai 10 Milyar.

Atas capaian – capaian tersebut, dapat dipastikan visi Baznas Enrekang ‘Menjadi Kabupaten Muzakki’ segera akan terwujud. (*)

Like and Share

Inet Parepare

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Rampung! Ini Bocoran Komposisi Pengurus PAN Kota Parepare

Wed Feb 24 , 2021
Soreang, inspirasimu.net – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Parepare menuntaskan konsolidasi. Itu setelah kepengurusan periode 2020-2025 rampung. Komposisi pengurus ini dirampungkan dalam rapat konsolidasi bersama di Kedai OK, Parepare, Rabu malam, […]