Penanganan Pengungsi Belum Optimal, Tanggap Darurat Bencana Sulbar Diperpanjang

Sejumlah warga menyaksikan kedatangan helikopter yang membawa sembako di perbatasan Desa Ulumanda dan Desa Pompenga kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Sulbar, Jumat (22/1/2021). Kedatangan Helikopter Anti Kapal Selam ( AKS) AS565 MBe Panther milik TNI AL ini menjadi tontonan unik bagi warga tersebut. Diketahui Desa Ulumanda dan Desa Pompenga merupakan desa yang terisolasi akibat longsor saat terjadi bencana gempa di Majene. Sumber : TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

Mamuju – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadwalkan perpanjangan masa tanggap darurat untuk status penanganan bencana di Kabupaten Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat, selama dua pekan, setelah berakhir pada 28 Januari 2021.

“Arahan Kepala BNPB untuk status tanggap darurat diperpanjang selama dua pekan,” kata Rifai, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB di Mamuju, Sabtu (23/1).

Rifai menyatakan walaupun proses evakuasi sudah selesai, namun alasan perpanjangan itu terlihat dari penanganan pengungsi, persoalan kesehatan hingga permasalahan teknis yang masih perlu ditangani selama masa tanggap darurat.

“Statusnya menjadi tanggap darurat menuju pemulihan,” ujar Rifai.

Sebelumnya BNPB menyatakan status penanganan bencana gempa bumi dengan magnitudo 6,2 di Sulawesi Barat sebagai tanggap darurat. Penetapan status tanggap darurat itu dilakukan Gubernur Sulawesi Barat, HM Ali Baal Masdar melalui surat nomor 001/Darurat-SB/I/2021, sejak 15 Januari 2021 sampai 28 Januari 2021.

Hingga Sabtu (23/1) Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Alam Provinsi Sulawesi Barat melaporkan sebanyak 89.624 warga Kabupaten Mamuju dan Majene masih mengungsi pascabencana gempa yang melanda wilayah itu. (*)

Like and Share

inet.parepare

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

BAZNAS Enrekang Adakan Seleksi Penerima Beasiswa Masuk Sekolah Islam Athirah Bone

Tue Jan 26 , 2021
Badan Amil Zakat (Baznas) Enrekang bekerjasama dengan Sekolah Islam Athirah Bone kembali mengadakan seleksi penerima beasiswa maupun mandiri. Ini adalah kerjasama di tahun kelima. Proses seleksi akan diadakan di Pondok Pesantren Darul Falah Enrekang, Kamis […]