Gelar Diksar, Pemuda Muhammadiyah Parepare Pesankan Trilogi Pelayanan KOKAM

Parepare – Pemuda Muhammadiyah (PM) kota Parepare melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) menggelar Pendidikan Dasar di kampus UM Parepare (3/3/2021).

Diksar yang diikuti 46 peserta tersebut merupakan pelatihan bagi mahasiswa sebagai kader muda Persyarikatan Muhammadiyah.

“Momentum ini adalah kesempatan kita untuk bersilaturahmi, sekaligus menggembirakan kegiatan Diksar KOKAM” ungkap Naim Majid, ketua PM Parepare.

Ketua PM menyerukan kepada anggota pentingnya mendalami spirit perjuangan Muhammadiyah melalui materi-materi pada Diksar. Seperti masalah kemanusiaan, kebencanaan, dan ekologi/lingkungan.

“Kita harus bisa mengaplikasikan pesan Surat al-Ma’un menjadi bagian dari gerakan KOKAM. Pesan dari Surat al-Ma’un adalah mengurusi masalah kemanusiaan. Di Muhammadiyah, Surat al-Ma’un dimaknai sebagai sumber inspirasi dalam melaksanakan aktivismenya. KOKAM mengambil semangat Surat al-Maun untuk menjadikan gerakannya berguna bagi agama dan kemanusiaan” ungkap Naim kepada inspirasimu.net.

Lebih lanjut, bendahara BPH UM Parepare itu menguraikan bahwa KOKAM juga memberikan bantuan dari hidupnya yang paling berharga, yaitu waktu dan hartanya untuk kepentingan yang lebih luhur daripada kepentingan dirinya sendiri.

“Dalam urusan kemanusiaan, KOKAM menjadi pelopor dalam menjaga perdamaian di tingkat yang paling bawah. Aksi menyantuni fakir miskin, mengurusi anak yatim, dan pelayanan AmbulanMu bekerjasama dengan LazisMu dan lembaga filantropi lainnya. Kerja-kerja seperti inilah yang menjadikan KOKAM menjadi bagian dari kesatuan bela kemanusiaan” ungkap Naim.

“Kondisi geografis negeri kita rawan dengan bencana banjir, kekeringan, tanah longsong, Gunung meletus, gempa bumi, kebakaran hutan, dan lain-lain. Di sinilah pentingnya KOKAM sebagai kesatuan yang memberi pelayanan bantuan kebencanaan. Personil KOKAM bisa aktif di Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah dan juga lainnya. Konsep One Muhammadiyah One Respons (OMOR) perlu menjadi acuan dalam koordinasi masalah kebencanaan” Tambahnya.

Foto Ilustrasi

Terakhir ketua PM menyinggung Islam sebagai agama yang ramah terhadap lingkungan/ekologi.

“Dalam Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM) terkandung pesan menjaga lingkungan. Point yang pertama dalam PHIWM berkaitan dengan lingkungan adalah: lingkungan hidup merupakan anugerah Allah yang harus dipelihara. “Etika Hijau” dalam PHIWM ini perlu kita terapkan dalam kehidupan keseharian. Bumi yang makin tua dan manusia yang semakin serakah menjadikan kerusakan lingkungan yang semakin nyata. KOKAM memiliki peran dalam menjaga lingkungan hidup” Tutupnya.

Dalam kegiatan pembukaan Diksar digelar di Auditorium kampus UM Parepare, tampak dihadiri pimpinan organisasi kemahasiswaan. Turut hadir sejumlah pengurus Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Parepare.

RILIS

Like and Share

inet.parepare

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Peringati Milad, Kyai Mahsyar; Jangan Bangga Ber-IMM

Fri Mar 12 , 2021
Soreang – Dalam rangka refleksi Milad Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, keluarga alumni IMM kota Parepare menggelar pengajian dan silaturahmi pada Jum’at, 12 Maret 2021 bertempat di Kedai OK Parepare. Pengajian yang dihadiri puluhan kader IMM tersebut, […]