Berdoa Dan Mengeluh Di Media Sosial [inspirasimu]

Tidak ada larangan menuliskan doa di media sosial, hal ini tergantung maksud dan tujuannya, seperti saat ini banyak orang menggunakan media sosial untuk mengajak mendoakan umat Islam yang sedang tertimpa musibah. Namun jika berharap doa dikabulkan sebaiknya sesuai dengan tuntunan bukan menuliskan di media sosial. Begitu pula untuk suatu keluhan sebaiknya dialamatkan kepada Allah semata dan sifatnya intim antara seorang hamba.

SobatMu, pada dasarnya penggunaan media sosial seperti facebook, twitter atau Instagram dan lain sebagainya termasuk perkara yang tidak disebutkan hukumnya di dalam dalil-dalil Alquran dan As-Sunnah, sehingga hukumnya mubah atau boleh. Kemudian hukum akan menjadi berubah tergantung pada penggunaan media tersebut.

Mengeluh dan berdoa merupakan perbuatan yang berbeda dalam pandangan Islam. Setiap manusia memiliki ujian masing, saat ingin mengadu keluhan tersebut maka hanya kepada Allah lah kita tujukan secara intim sebagai seorang hamba dan Tuhannya. Dalam QS. Yusuf ayat 86 Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku, dan aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tiada mengetahuinya.”

Sehingga sebaiknya setiap keluh kesah yang kita miliki tidak sepatutnya dipublikasikan ke media sosial.

Menuliskan doa di media sosial tidak dilarang secara mutlak, hal ini tergantung maksud dan tujuannya. Banyak dari kita menuliskan doa untuk sesama muslim yang tertimpa musibah misalnya, atau menuliskan doa-doa ma’tsur di akun media sosial supaya diketahui orang lain. Hal ini bisa termasuk dalam kegiatan berdakwah, sehingga perlu juga untuk ditingkatkan.

SUMBER : Suara Muhammadiyah

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Musda PAN Parepare Bergulir, Dibuka Pendaftaran Calon Ketua

Tue Nov 10 , 2020
Parepare – Kepemimpinan Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Parepare segera berganti. Partai lambang matahari putih itu akan menggelar musda V. “Kita berharap PAN semakin jaya. Memenangkan kontestasi politik. Menambah kursi di parlemen tentunya. PAN adalah […]
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial
error

Yuk Kabarkan Inspirasi !